ILMU DASAR HUKUM TATA NEGARA



       MAKALAH HUKUM TATA NEGARA

   
     DOSEN PEMBIMBING   :   BUSTANUDIN S.H., LL.M.


                         DI SUSUN OLEH                  :
                         NAMA                                     : M ALVI RIZKI ILAHI
                         NIM                                         : B10016081
                         KELAS                                    : A




PROGRAM STUDI ILMU HUKUM
FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS JAMBI
2017














KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas makalah saya  yang berjudul, “ ”.
Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak/Ibu dosen pengampu yang telah membimbing dan memberi dukungan atas tersusunya makalah ini.
            saya menyadari masih banyak kekurangan dari pada kelebihan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu saya sangat mengharapkan kritikan dan saran agar dalam menyusun makalah berikutnya lebih baik dan sempurna dari sebelumnya.
            Semoga dengan makalah ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan atau pun pembaca serta dapat menambah ilmu pengetahuan yang lebih dari sebelumnya.

                                                                                               




                                                                                                   Jambi,       Mei 2017


            Penyusun








                                   


















DAFTAR ISI
Halaman Judul            ……………………………………………………………………..  i
Kata Pengantar           …………………………………………………………………….   .ii
Daftar Isi         …………………………………………………………………………….   .iii
BAB I
Pendahuluan  
A.    Latar Belakang         ……………………………………………………………….1
B.     Rumusan Masalah    ……………………………………………………………….2
C.     Tujuan Penulisan      ……………………………………………………………….2

BAB II           
Pembahasan

A.      Peristilahan  Dan  Definisi  Hukum  Tata  Negara………………………………………………………..3
B.      Pengertian   Sumber  Hukum  dan  jenis  Sumber  -  sumber  Hukum  Tata  Negara  Indonesia……………………………………………………………………………………………………………………5
C.     Asas – Asas  Hukum  Tata  Negara  …………………………………………………………………………….7
BAB III
Penutup
A.    Kesimpulan …………………………………………………………………………10















Bab I
   Pendahuluan   

A.   Latar Belakang

[1]Ilmu  tentang  negara  sudah  didiskusikan  sejak   zaman  yunani  kuno. Plato  dan  aristoteles  merupakan  peletak  dasar  dari  ilmu  tentang  negara , yang  memberikan  pengaruh  yang  sangat  singnifikan  terhadap  pemikir  pemikir  sesudahnya. Mereka  mengembangkan  refleksi  kritis  tentang  pengelolaan  negara  di  zamannya  sebagai  respons  atas  kebutuhan  umat  manusia  dalam  memenuhi  kebutuhan  hidupnya. Negara  yang  dibayangkan  oleh  mereka  terbangun  dalam  konsep konsep  filosofis  terbentuknya  negara.
           Plato  menulis  tentang  bentuk  negara  yang  ideal  dalam  bukunya  politeia  dalam  bentuk  negara  kota  (polis). Menurut  plato,  pemimpin  negara  yang  ideal  adalah  seorang  filsuf. Pada  dasarnya,  ilmu  negara  adalah  ilmu  pengetahuan  yang  menyelidiki  pokok  pokok  dan  pengertian  tentang   negara. Ilmu   negara  tidak  mementingkan  bagaimana   caranya   hukum   itu   harus  dijalankan,  karena  ilmu negara  mementingkan  teoritisnya. Hukum  Tata  Negara lebih meneliti Hukum  positif  yang  berlaku  di  suatu  negara.
          Hukum  Tata  Negara  telah  menjadi  disiplin  ilmu  tersendiri  yang  selalu  menarik  dikaji  seiring  perubahan  hukum,  sosial,  dan  politik  di  suatu  negara. Dalam  konteks  inilah  muncul  ilmu  ilmu  tentang  Hukum  Tata  Negara  yang  ditulis  oleh  sejumlah  sarjana  hukum  barat,  seperti  van Apeldoorn,  J.H.A  Logeman, C.van Vollenhoven,  Paul Scholten,  Maurice Duverger,  A.V. Dicey  dalam  An introduction   to  the  study  of  the  law  of  the  constitution,  Hans kelsen  dalam  general  theory  of  law  and  state,  Carl  j.  Friedrich  dalam  constitutional  government  and  democracy:  theory  and  practice  in  europe  and  America.  Sedangkan  sarjana  hukum  Indonesia  juga  telah  menuliskan  pemikiran  tentang  Hukum  Tata  Negara,  seperti  Kusnardi  dan  Harmiily  ibrahim,  C.T.  Kansil,  Bagir  Manan,  Moh.  Mahfud  M.D.,  Jimly   Asshiddiqie,  dan  lain  sebagainya.
B.   Rumusan   Masalah
1.     Sebutkan  peristilahan  Hukum  Tata  Negara  dan  jelaskan  definisi Hukum  Tata  Negara  secara  umum ?
2.     Apa  yang  dimaksud  Sumber   Hukum  dan  Apa  saja  sumber sumber  Hukum  Tata  Negara  ?
3.     Jelaskan  tentang  asas  asas  Hukum  Tata  Negara  ?

C.   Tujuan   Penulisan

1.     Menambah  wawasan  secara  individu   penulis  dan  bagi  pembaca   pada  umumnya  tentang   Hukum  Tata  Negara
2.     Memberikan  pemahaman  yang  lebih  mendalam  tentang  Hukum  Tata  Negara
3.     Sebagai  bahan  perbandingan  dengan  ilmu  lainnya





         








                                                                                                                                                                                                2
Bab II
Pembahasan
A.    Peristilahan  Dan  Definisi  Hukum  Tata  Negara

1.     Peristilahan
    Hukum  Tata  Negara  dikembangkan  di  beberapa  Negara  dengan  peristilahan  yang  berbeda - beda. Perbedaan  peristilahan  ini  lebih  merupakan  perbedaan  kebahasaan  dan  perbedaan  cakupan  yang  dibahas  didalamnya. Untuk  melihat  perbedaan  peristilahan  Hukum  Tata  Negara  Di berbagai  Negara  Perhatikan  table  berikut  ini :

Negara
Istilah
Prancis
Droit Constitutionnel
Inggris
Constitutional Law
Belanda
Staatrecht
Jerman
verfassungsrecht
Indonesia
Hukum Tata Negara

Dalam  bahasa  Indonesia ,Hukum  Tata  Negara  memiliki  istilah  lain,    yaitu  hukum  Negara  dan  Hukum  Konstitusi.  Moh.  Kusnardi  Dan Harmaily  Ibrahim  menyebut  dua  istilah  ini,  keduanya  adalah  terjemahan  dari  Bahasa  Belanda,  staatsrecht,  yang  memiliki  arti  luas  dan  sempit.  Penggunaan  istilah  hukum  Negara  dimaksudkan  untuk  membedakan  dari  Hukum  Tata  Negara  dalam  arti sempit.
Factor lain  dari  penggunaan  hukum  tata  Negara  ini  di  Indonesia  adalah  factor  sejarah  sebagaimana  diketahui  bahwa  Indonesia  pernah  dijajah  belanda,  tentu  saja  penggunaan  istilah dari  bahasa  Belanda  tidak  bisa  terelakan.  Selain  Hukum  Tata  Negara  termasuk  juga  Hukum  Pidana  dan  Hukum  Perdata.  Keadaan ini  wajar  - wajar  saja  terjadi, karena  cenderung  pihak  penjajah  mentrasnfer  segala  bentuk  kehidupan,  termasuk  masalah  ketatanegaraan.[2]


2.     Definisi  Hukum  Tata  Negara

Moh. Kusnardi  dan  Harmaily  Ibrahim  mendefinisikan  Hukum  Tata  Negara  sebagai  sekumpulan  peraturan  hukum  yang  mengatur  organisasi  Negara,  hubungan  alat – alat  perlengkapan  Negara  dalam  garis  vertical  dan  horizontal  serta  kedudukan  warga  Negara  dan  hak  hak   asasinya.
Menurut  sarjana  barat :

1.     Cornelis  Van  Vollen  Hoven
   Hukum  tata  Negara  mengatur  semua  masyarakat  hukum  atasan  dan  bawahan  menurut  tingkatannya.
2.     Van  Der  Pot
   Hukum  Tata  Negara  merupakan  peraturan – peraturan  yang  menentukan  berbagai  badan  yang  demikian  diperlukan  termasuk  wewenang  fungsi  dalam  hubungan  antara  badan  badan  itu  dan  antara  badan  badan  itu  dengan  para  individu  serta  kegiatan  kegiatannya.
3.     J. A. Logemann
   Hukum  Tata  Negara  adalah  hukum  yang  mengatur  organisasi  Negara.

Jadi  dapat  disimpulkan  Hukum  tata  Negara  adalah  hukum  yang  mengatur  organisasi  Negara,  hubungan  alat  perlengkapan  Negara  susunan  dan  wewenangnya  serta  hak  dan  kewajiban  warga  Negara.
[3]










B.     Pengertian   Sumber  Hukum  dan  jenis  Sumber  -  sumber  Hukum  Tata  Negara  Indonesia
   
1.     Pengertian  Sumber  Hukum

Sumber  Hukum  Adalah  sebagai  asal  usul  dari  mana  sebenarnya  suatu  Hukum  positif  itu  menurunkan  kekuasaan/kewenangan  dan  kekuatan  memaksa  atau  mengikatnya. Sejalan  dengan  pengertian  diatas,  Mohd.  Tolchah  Mansur  memberikan  pengertian  sumber  hukum  adalah  tempat  asal  pengambilan,  landasan  segala  Hukum.  Pengertian ini  relevansinya  dengan  apa  yang  disebut  tertib  hukum,  maksudnya  tertib  hukum  yang  dapat  diartikan  sebagai  tangga  urutan  mana  yang  dipertamakan,  dikeduakan  dan  selanjutnya, dan  juga   merupakan  sumber  hukum  dan  mengandung  pula  pengertian  tertib  yang  kedua  berasal  dan  bersumber  kepada  yang  pertama

2.     Sumber  -  sumber Hukum  Tata Negara  Negara

Berdasarkan  pengertian  sumber hukum di atas , maka  selanjutnya  dapatlah  dirumuskan  pengertian,  bahwa  yang  dimaksud  dengan  sumber  hukum  tata  Negara  adalah  ( asal-usul) dari  hukum  tata  Negara  itu  berasal.  Apakah  ia  berasal  dari  hukum  yang  tertulis dan/atau  hukum  yang  tidak  tertulis.

Sumber  hukum  materil  tata  Negara   adalah  sumber  hukum  yang  menentukan  isi  kaidah  hukum  tata  Negara. Termasuk  ke  dalam  sumber  hukum  dalam  arti  materil  ini  misalnya :
1.     Dasar  dan  pandangan  hidup  bernegara atau  dapat  di  katakana  ideologi  suatu  Negara
2.     Kekuatan  kekuatan  politik  yang  berpengaruh  pada  saat  merumuskan  kaidah  kaidah  hukum  tata  Negara.
Sumber hukum  formil  tata  Negara  menurut  Sri  soemantri  M.  adalah  konstitusi  atau  undang  undang  dasar.Undang – undang  dasar  1945  (  sebagai  sumber  hukum  tata  Negara  dalam  arti  formil),  selain  ia  merupakan  hukum  dasar  tertulis  mengatur  masalah  kenegaraan  ia  juga  merupakan  dasar  bagi  ketentuan  lainnya.  Dari  undang  - undang  dasar  1945  ini  mengalir  peraturan  peraturan  pelaksana  yang  menurut  tingkatannya  masing                                                                          5
Masing  merupakan  sumber  hukum  formal  yaitu  :
1.     Ketetapan  MPR ( Sementara )
2.     Undang – Undang/ peraturan  pemerintah  pengganti  Undang undang
3.     Peraturan  Pemerintah
4.     Keputusan  Presiden
5.     Peraturan pelaksanan lainnya[4]































C.  Asas – Asas  Hukum  Tata  Negara 

1.     Pengertian  Asas – asas Hukum  Tata  Negara

Bangunan  Hukum  yang  bersumber  pada  perasaan  manusia  disebut  asas  -  asas  hukum  (  beginselen )  yang  sifatnya  seringkali  berubah  ubah,  sedangkan  yang  bersumber  pada  akal/pikiran  manusia  disebut  pengertian  -  pengertian  hukum     ( begrippen)  yang  sifatnya  secara  umum  tetap.  Perubahan  asas  asas  itu  disebabkan  karena  pandangan  hidup  masyarakat  yang  berbeda – beda. Sebagai  contoh  dapat  dikemukakan  disini bahwa  suatu  bangunan  demokrasi  dalam  hukum  tata  Negara  dapat  dilihat  dari  segi  pengertiannya  maupun  dari  segi  asasnya

2.     Asas – Asas  Hukum  Tata  Negara

1.     Asas  Pancasila

  Setiap Negara  didirikan  atas  dasar  falsafah  tertentu.  Falsafah  itu  merupakan  perwujudan  dari  keinginan  rakyatnya.  Oleh  karena  itu,  setiap  Negara  mempunyai  falsafah  yang  berbeda.  Karena  suatu  falsafah  itu  identic  dengan  keinginan  dan  watak  rakyat   dan  bangsanya.  Dalam  penjelasan  UUD 1945  dapat  diketahui  pembukaan  UUD 1945  mengandung  4  pokok  pikiran  yang  meliputi  suasana  kebatinan  dari UUD NKRI.  Pokok  -  pokok  pikiran  ini  merupakan  cita  cita  hukum  bangsa  Indonesia  yang  mendasari  hukum  dasar  Negara,  baik  yang  tertulis  maupun  yang  tidak  tertulis.
2.     Asas  Negara  Hukum
Dalam  kepustakaan   Indonesia,  istilah  Negara  Hukum  merupakan  terjemahan  langsung  dari  rechsstaat. Konsep  rechsstaat  lahir  dari  suatu  perjuangan  menentang  absolutism  sehingga  sifatnya  revolusioner,  sebaliknya  konsep  the  rule  of  law  berkembang  secara  evolusioner. Ini   tampak  dari  sisi  kriteria  rechsstaat  dan  kriteria  the  rule  of  law.                                                                                                     7
Konsep  rechsstaat  bertumpu  atas  system hukum  continental  yang  di  sebut  civil  law,  sedangkan  konsep  the  rule  of  law  bertumpu  atas  system  hokum  yang  disebut  common  law.

3.      Asas  kedaulatan Rakyat  dan  Demokrasi  
 Lazim  difahami  bahwa  UUD 1945  mengatur  ajaran  kedaulatan  rakyat.  Hal  ini  secara  tegas  dirumuskan  dalam  pasal  1  ayat  (2)  UUD 1945  yang  menyatakan  kedaulatan  adalah  ditangan  rakyat,  dan  dilakukan  sepenuhnya  oleh  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat.    kedaulatan  rakyat  pertama  kali  dirumuskan  dalam  piagam  Jakarta  22  Juni  1945,  yang  menyatakan  “… Negara Indonesia yang  terbentuk  dalam  suatu  susunan  Negara  Republik  Indonesia  Yang  berkedaulatan  rakyat.”  Kalimat  ini  selanjutnya  menjadi  rumusan  pembukaan  UUD 1945,  dan  memengaruhi  pula  rumusan  pasal  1  ayat  (2)  UUD 1945.

4.     Asas Negara Kesatuan
   
Model  Negara  kesatuan,  asusmsi  dasarnya  berbeda  secara  diametric  dari  Negara  federal.  Formasi  Negara  kesatuan  dideklarasikan  saat  kemerdekaan  oleh  para  pendiri  Negara  dengan  mengklaim  seluruh  wilayahnya  sebagai  bagian  dari  suatu  Negara.  Tidak  ada  kespakatan  para  penguasa  daerah  apalagi  Negara  -  Negara,  karena  diasumsikan  bahwa  semua  wilayah  yang  termasuk  di  dalamnya  bukanlah  bagian  -  bagian  wilayah  yang  bersifat  independen.  Dengan  dasar  itu  maka  Negara  membentuk  daerah  -  daerah  atau  wilayah  -  wilayah  yang  kemudian  diberi  kekuasaan  atau  kewenangan  oleh  pemerintah  pusat  untuk  mengurus  berbegai  kepentingan  masyarakatnya,  ini  diasumsikan  bahwa  negaralah  yang  menjadi  sumber  kekuasaannya.

                                                                                                                        8

5.     Asas  Pemisahan  Kekuasaan  Dan  Check  And  Balances
    Berbagai  kalangan  berpendapat  bahwa  terjadinya  krisis  di  Indonesia  saat  ini  bermuara  kepada  ketidakjelasan  konsep  yang  dibangun  oleh  UUD 1945,  tidak  adanya  check  and  balances  antara  alat  perlengkapan  organisasi  Negara,  selain  berbagai  kelemahan  yang  melekat  pada  UUD  1945.  Sejak  saat  itu,  berbagai  kalangan  menyiapkan  bahan  kajian  untuk  perubahan  tersebut.  Belakangan  ini,  muncul  aspirasi  politik  yang  menghendaki  agar  dipakai  system  perimbangan  kekuasaan  (checks  and  balances ).

























  BAB III
  PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari   penjelasan  makalah  ini  dapat  kita  ambil  kesimpulan  bahwa  Hukum  Tata  Negara  adalah  hokum  yang  mengatur  organisasi  negara,  hubungan  alat  perlengkapan  Negara  susunan  dan  wewenangnya  serta  hak  dan  kewajibannya  warga  Negara,  serta Hukum  Tata  Negara juga  mempunyai  sumber – sumber  Hukum yang menunjang  dalam  pelaksanaan penyelenggaraan  Negara serta  Asas -  asas  yang  berlaku  dalam  Hukum  Tata  Negara


























                                                                                                            10
                          






                          




                                Biodata  Pribadi


NAMA                                   : M ALVI RIZKI ILAHI
NIM                                       : B10016081
FAKULTAS/JURUSAN       : HUKUM/ILMU HUKUM
TTL                                          : LUBUK LINGGAU, 13 SEPTEMBER 1998
ALAMAT                               : KEC. SINGKUT. KAB. SAROLANGUN
JENIS KELAMIN                  : LAKI – LAKI
AGAMA                                : ISLAM
GOL. DARAH                       : B
NO. HP                                  : 082373625207
HOBI                                      : MEMBACA



[1] Prof. Dr. H. Ahmad sukardja, S.H.,M.A HUKUM TATA NEGARA & HUKUM ADMINISTRASI NEGARA DALAM PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH ,(JAKARTA :SINAR GRAFIKA.2012) hlm 3                                                                         1
[2] Prof. Dr. H. Ahmad sukardja, S.H.,M.A HUKUM TATA NEGARA & HUKUM ADMINISTRASI NEGARA DALAM PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH ,(JAKARTA :SINAR GRAFIKA.2012) hal 7
Tim pengajar Hukum Tata Negara  Fakultas  Hukum  Universitas  JAMBI.2006 hal 2                                        3
[3] [3] Prof. Dr. H. Ahmad sukardja, S.H.,M.A HUKUM TATA NEGARA & HUKUM ADMINISTRASI NEGARA DALAM PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH ,(JAKARTA :SINAR GRAFIKA.2012) hal 14
Tim pengajar Hukum Tata Negara  Fakultas  Hukum  Universitas  JAMBI.2006 hal 6                                                4
[4] Tim pengajar Hukum Tata Negara  Fakultas  Hukum  Universitas  JAMBI.2006 hal 15-20                                     6
[5] [5] Tim pengajar Hukum Tata Negara  Fakultas  Hukum  Universitas  JAMBI.2006 hal 24 -28                  9

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Kasus Penyertaan Tindak Pidana Pembunuhan Sadis Pulomas

Perwalian Anak Dalam Hukum Perdata Beserta Contoh Kasus Dan Analisisnya